Upaya Yang Dilakukan Dalam Rangka Mempertahankan Keberadaan Hutan di Masa Yang Akan Datang

Menurut saya, kondisi hutan saat ini sudah sangat memprihatinkan, karena terjadi pengalihfungsian hutan dari sebagaimana mestinya.  Untuk sekarang ini, pertambangan sedang mengalami masa jaya.  Banyak pengusaha yang bersaing untuk mengeksploitasi hasil hutan, baik yang berada di atas permukaan atau yang berada di bawah permukaan.  Jika kegiatan tersebut terus berlanjut, tanpa adanya tanggung jawab untuk mengembalikan kondisi hutan seperti semula, maka hutan lama-kelamaan akan mengalami kepunahan.  Jika hal itu terjadi, maka kehidupan mahluk hidup yang ada di Bumi tidak dapat berlangsung dengan baik.  Hal itu menunjukkan bahwa hutan sangat berperan terhadap kelangsungan hidup mahluk hidup di Bumi.  Oleh karena itu lestarikan hutan untuk kebaikan bersama.

Upaya yang dilakukan untuk mempertahankan keberadaan hutan adalah yang pertama memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup mahluk hidup.  Sehingga masyarakat sadar dan mau ikut melestarikan hutan.  Upaya untuk mempertahankan keberadaan hutan bukanlah tanggung jawab dari pemerintah saja, namun tanggung jawab bersama.  Sedangkan upaya untuk melekukan perbaikan pada lahan kritis  adalah dengan melakukan kegiatan reklamasi pada lahan pasca tambang dan melakukan kegiatan revegetasi atau rehabilitasi pada lahan yang telah gundul akibat penebangan ataupun pasca kebakaran. 

Menurut para ilmuwan di Fakultas Kehutanan UGM masih optimis, hutan di Indonesia bisa dipulihkan dalam waktu 40 tahun. Caranya? Teknik pemuliaan pohon, manipulasi lingkungan serta pengendalian hama dan penyakit bisa dilakukan untuk memulihkan kembali hutan di Indonesia. Penanaman hutan secara intensif menjadi pilihan terbaik karena bisa diprediksi. Sehingga, kebutuhan kayu bisa diperhitungkan tanpa harus merusak habitat hutan alam yang masih baik.

Memang, mempertahankan seluruh hutan di Indonesia tidak mungkin.  Namun,  paling tidak 50 persen hutan alam di Indonesia harus tetap dijaga keasliannya. Sisanya, bisa diusahakan menjadi hutan tanaman industri.  Menjaga 50 persen hutan alam itu berguna untuk keseimbangan ekosistem, mempertahankan genetik tanaman dan menjadi sumber tanaman obat serta sumber makanan.

Dalam upaya untuk mengembalikan kondisi hutan tersebut, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.  Beberapa kendala turut menghambat kegiatan tersebut.  Kendala tersebut antara lain adalah kurangnya pengawasan yang ketat dari pemerintah, kurangnya kesadaran dari masyarkat akan pentingnya hutan dan kurang tegasnya penegakan hukum di negara kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s